Jun 29, 2012

On Device Debugging on Android

Setelah lama tidak ada waktu atau mungkin tidak ada ide untuk menulis di blogehendrawan, hari ini akan saya bahas mengenai On Device Debugging di Android menggunakan Sony XPeria U. Pada tulisan kali ini saya berasumsi bahwa komputer yang akan dijadikan development pc telah terinstall Eclipse yang sudah terinstal Android Development Tools (ADT) jika belum bisa langsung kunjungi alamat http://developer.android.com/sdk/installing/installing-adt.html. Jika eclipse telah terinstall ADT kemudian jalankan eclipse sebagai administrator untuk menginstall Android SDK yang diperlukan. Untuk melakukan installasi Android SDK pilih menu "Window -> Android SDK Manajer"


Dari windows Android SDK Manajer pilih paket seperti berikut

 *note saya menggunakan SDK 2.3 gingerbread karena Sony XPeria U masih menggunakan versi gingerbread.

Apabila semua proses installasi SDK telah berhasil dilakukan proses selanjutnya adalah membuat sebuah Android Virtual Device untuk menguji apakan semua yang dibutuhkan telah lengkap. Untuk membuat Android Virtual Device pilih menu "Window -> Avd Manajer"


Dari Windows Android Virtual Device pilih New dan masukan data yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan
 

Untuk menguji AVD berjalan baik, pilih AVD yang telah dibuat dan click tombol "Run" untuk menjalankan Virtual Device. Apabila semua telah berjalan, maka semua langkah awal telah dilalui dengan baik, sekarang giliran melakukan pengaturan agar eclipse melakukan debugging ke Real Device. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengaturan pada Sony XPeria U agar berjalan pada mode Debuggin jika kabel USB di sambungkan ke Development PC. Untuk melakukan konfigurasi dari Settings -> Applications -> Development dan lakukan pemilihan seperti gambar berikut
 

Setelah proses pengaturan Device selesai, sekarang kita harus melakukan konfigurasi pada eclise seperti gambar berikut.

 

Catatan
- Saya telah melakukan installasi Sony PC Companion sehingga tidak membutuhkan installasi USB Driver.
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search